Cara Mengganti Domain Blogspot - 2019

cara setting google domain, cara ubah domain blogspot, cara mengganti domain blogspot ke domain sendiri, cara merubah domain blogspot,
Cara Mengganti Domain Blogspot


Mengganti Domain Blogspot - Blogspot adalah sebuah subdomain yang dimiliki oleh Google dan diberikan secara gratis dan biasa digunakan para blogger yang menggunakan platform (Blogspot).

Bagi kalian yang masih menggunakan subdomain blogspot dan ingin menggantinya dengan domain sendiri maka diperlukan setingan khusus agar Blog kalian bisa menggunakan domain yang sudah kalian costum sendiri, pada umum nya domain yang digunakan oleh kalangan blogger adalah domain TLD atau domain Top Level.

Mengapa Harus Ganti Domain Blogspot Ke Domain Tld ? 


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, blogspot adalah subdomain Google yang bisa digunakan secara gratis jika kalian ingin menggantinya ke costum domain maka kalian perlu membeli domain Tld tersebut.

Meskipun Blogspot adalah subdomain milik Google tidak ada larangan bagi para pengguna platform Blogspot untuk mengganti domain ke TOP Level.

Berikut ini adalah alasan kalian harus menggunakan domain Tld.


  • Terlihat Profesional - Blog/Website kita terlihat profesional dengan menggunakan domain TLD. Dan tidak dianggap blog Abal-abal.
  • Mudah Diingat - Mudah diingat oleh pengunjung adalah salah satu sumber visitor blog kita.
  • Terlihat Puas Dengan Alamat Blog Kita - Kalian akan sangat puas dengan menggunakan domain TLD karena kita bisa mengkostumisasi alamat blog kita sesuai keinginan kita, seperti contoh kalian bisa menggunakan nama kalian sebagai alamat blog tersebut, banyak sekali bloger-bloger besar yang menggunakan alamat Url blog mereka dengan namanya sendiri seperti contoh; www.bungfrangki.com - www.sugeng.id - www.arlinadzgn.com Dan Lain-lain.
Bagaimana mana ? Subdomain atau Domain TLD ? Itu terserah kalian. Ok kita langsung saja masuk ke tutorial nya saja.

Cara Setting Domain TLD Untuk Blogspot 


Perlu diketahui disini saya menggunakan domain dari Google (domains Google) tapi tahap-tahap semua nya hampir sama yang membedakan hanya panel layanannya saja.

Cara Setting Domain Google


  • Silahkan kalian masuk ke Panel Domain kalian/member area domain kalian.
  • Pilih domain yang akan kalian gunakan pada blogger lalu masuk pada menu DNS (gambar dibawah adalah panel domains Google) jika bukan menggunakan domain Google kalian cari kurang lebih nya seperti itu. 

cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Selanjutnya pada halaman DNS kalian cari kolom Data Resource Kustom. Seperti berikut

cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Kalian Pilih A lalu masukkan IP Domain ke IP server Google satu-persatu. Berikut adalah IP yang perlu kalian masukan secara satu-persatu. Pada kolom @ kalian isi bebas yang penting jangan sama.
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
  • Jangan lupa klik tambahkan ketika sudah memasukkan alamat IP nya.
  • Pada tahap selanjutnya kalian buka blog masing-masing yang akan menggunakan domain Tersebut.
  • Masuk ke setting =>  klik seperti yang digambar ini
cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Masukan nama Domain TLD tersebut pada kolom yang tersedia, dan jangan lupa tambahkan www didepan nama domain. Lalu klik simpan, akan terjadi error itu dikarenakan kita belum mengatur CNAME nya. 

cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Kembali lagi pada halaman DNS yang tadi, pada tahap ini kita perlu menambahkan CNAME agar domain bisa digunakan pada blog tersebut.
  • Masukan data error yang terdapat pada blog kedalam kolom ini, jangan lupa untuk ganti terlebih dahulu ke CNAME, jika sudah tambahkan.
cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Dan satu lagi 
cara mengganti domain blogspot
Google Domains
  • Jika semua sudah selesai kalian kembali ke halaman blog kalian lalu lakukan lagi klik simpan/save. Atau lebih baik kalian diamkan selama 1-5 menit. Jika sudah berhasil di Simpan/Save namun blog masih belum bisa dibuka maka kalian tunggu sekiranya 10-15 menit ini dikarenakan sedang propogasi.
Cara ini bisa kalian terapkan pada semua penyedia Domain TLD, tidak terpaku pada satu saja hanya saja tampil panel yang berbeda.

Mungkin cukup sampai disini penjelasan saya mengenai Cara Merubah Domain Blogspot ke Domain TLD.

Terimakasih

"Jangan Lupa Bersyukur Atas Nikmat Yang Diberikan Oleh Yang Kuasa"

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Domain Blogspot - 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel