Metode Penelitian : Memilih dan Merumuskan Permasalahan Riset

Metode Penelitian : Memilih dan Merumuskan Permasalahan Riset

Aktivitas penelitian merupakan salah satu proses yang terus berkembang dan tidak ada habisnya untuk dibahas di dunia pendidikan terutama bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa.

Di dalam proses penelitian ada beberapa hal yang harus diketahui lebih awal untuk memperoleh hasil penelitian yang dapat berguna bagi pembaca karya ilmiah anda.

Perlu diketahui bahwa langkah awal yang harus dilakukan sebelum membuat judul penelitian anda adalah memilih dan merumuskan permasalahan riset yang anda temukan pada proses penelitian.

Untuk memilih dan merumuskan permasalahan riset baiknya anda menyesuaikan dengan kriteria - kriteria berikut ini :

1. Internal
Kriteria internal yang dimaksud dalam hal ini adalah faktor yang dapat dilihat dari dalam diri anda sebagai peneliti untuk membuat suatu karya ilmiah pada penelitian anda.

Kriteria yang perlu anda ketahui sebelum lanjut memilih dan merumuskan permsalahan riset berdasarkan faktor internal yaitu :

  • Minat
Apakah bidang yang ada suka ???
Dengan menjawab pertanyaan ini dapat menentukan topik awal penelitian yang ada buat untuk karya ilmiah anda.

"Tapi perlu anda ketahui hanya minat saja tidak cukup"
  • Kompetensi
Anda kompeten di bidang apa ???
Untuk pertayaan ini membahas tentang topik apa yang anda bisa buat. Dalam kondisi ini minat anda pada sebuah topik penelitian bisa berubah karena minat terkadang tidak sesuai dengan kemampuan anda.

Dengan menjawab pertanyaan tentang bidang apa yang menjadi tempat kompeten anda dapat menjadi solusi untuk memilih memilih dan merumuskan permasalahan riset anda untuk dijadikan karya ilmiah pada penelitian anda.

"Tetapi alangkah baiknya jika minat dan kompetensi anda pada jalur yang sama, sehingga anda dapat melakukan aktivitas dalam penelitian anda jauh lebih anda sukai"

  • Sumber Dana Atau Biaya

Apakah Sumber dana anda mencukupi ???
Untuk hal merupakan salah satu yang terkadang sulit untuk dipisahkan dari sebuah aktivitas penelitian yang dilakuka oleh banyak orang karena memang biaya penelitian menjadi salah satu faktor yang dapat mempermudah proses penelitian agar berjalan lancar.

Namun  tidak perlu khawatir karna masalah sumber dana atau biaya penelitian dapat diselesaikan dengan adanya dana ibah penelitian bagi dosen ataupun dengan melakukan kolaborasi bagi praktisi peneliti, yang dimana dalam membuat sebuah karya ilmiah dapat dilakukan lebih dari satu orang.

Lalu bagaimana dengan tingkat mahasiswa untuk membuat skripsi atau tesis ?
Apakah mungkin meminta dana kepada dosen pembimbing ?

hehe, jika meminta kepada dosen pembimbing sudah pasti tidak karena tugas beliau adalah melakukan proses bimbingan terhadap penelitian anda. Jadi solusinya adalah menabung sejak dini karena aktivitas penelitian memang sudah menjadi hal yang harus anda jalani nantinya sebelum selesai kuliah.


2. Ekternal

Kriteria ekternal yang dimaksud dalam hal ini adalah faktor yang dapat dilihat dari metodologi penelitian anda sebagai peneliti untuk membuat suatu karya ilmiah pada penelitian anda.

Kriteria yang perlu anda ketahui sebelum lanjut memilih dan merumuskan permsalahan riset berdasarkan faktor eksternal yaitu :
  • Kelayakan Topik
Apakah topik yang anda pilih layak untuk dijadikan bahan pada penelitian anda ???
Pertanyaan ini menuju kepada kemungkinan ada atau tidaknya solusi untuk menyelesaikan masalah topik yang anda pilih. Jika tidak ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam topik tersebut artinya penelitian yang anda lakukan akan sia-sia.
  • Kepentingan
Apakah topik yang anda pilih penting bagi anda ataupun orang lain ???
Pertanyaan ini menuju kepada fungsi dari hasil penelitian anda nantinya setelah selesai melakukan riset penelitian dan membuat karya ilmiah anda.

Jika topik yang anda pilih tidak penting maka hasil karya ilmiah anda nantinya tidak akan berfungsi atau berguna bagi anda ataupun orang lain.

Salah satu yang disebut tidak penting adalah melakukan sebuah penelitian dan membuat karya ilmiah yang peneliti lainnya sudah melakukan terlebih dahulu. Dalam kasus ini biasanya membuat karya ilmiah yang sama persis dengan karya ilmiah orang lain. 
  • Original
Tingkat original sebuah artikel karya ilmiah adalah salah satu faktor kualitas yang menjadi penilaian terhadap karya ilmiah anda. Disarankan dalam pembuatan karya ilmiah selalu menghindari plagiarisme agar tingkat original karya ilmiah anda menjadi lebih baik.

Plagiarisme artikel karya ilmiah anda dilhat dari persentase plagiat terhadap karya ilmiah yang telah dibuat oleh peneliti terdahulu.

Untuk mengetahui apakah artikel karya ilmiah anda tergolong plagiat atau sudah dibuat terlebih dahulu oleh orang lain silahkan terlebih dahulu banyak membaca paper atau artikel jurnal di internet atau melakukan pengecekan plagiarisme menggunakan artikel plagiarisme.

  • Bisa Dilakukan Atau Tidak
Apakah topik yang anda pilih dapat dilakukan atau tidak ???
Dalam melakukan penelitian tentunya keterbatasan akan selalu ada. Dalam hal ini anda perlu telusuri lebih jauh masalah kelengkapan data penelitian anda. Jika data tidak tersedia akan mempersulit proses penelitian anda. "sebaiknya gunakan topik penelitian yang memenuhi ketersediaan data untuk dikelola dalam artikel karya ilmiah anda"

Dalam hal ini masalah estimasi waktu penyusunan karya ilmiah perlu dipertimbangkan, jangan memilih topik penelitian yang waktu penelitiannya melebihi batas waktu yang telah ditentukan agar penyesunan artikel karya ilmiah anda sudah harus selesai.

  • Kelengkapan Fasilitas Penelitian
Bagaimana dengan kelengkapan fasilitas penelitian anda ?
Fasilitas penelitian tentunya menjadi faktor kelancaran anda dalam melakukan penelitian untuk membuat sebuah karya ilmiah. Sebelum menentukan pilihan terhadap topik penelitian sebaiknya pertimbangkan antara topik yang anda pilih dengan fasilitas penelitian yang tersedia untuk anda gunakan.

Misalnya anda berniat untuk melakukan penelitian terkait dengan pembuatan sebuat alat, namun fasilitas anda untuk membuat alat tersebut tidak ada, tentunya anda kan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan penelitian anda untuk membuat karya ilmiah.


Semoga beberapa keterangan yang saya tulis di dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Silhakan share artikel ini di media sosial anda untuk berbagi informasi terkait penelitian kepada orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Metode Penelitian : Memilih dan Merumuskan Permasalahan Riset"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel