Cara Membuat Footnote dan Endnote Pada Microsoft Office Word 2010

Microsoft Office Word 2010 merupakan bagian dari pengolah kata yang baru diperbaharui. Beberapa kelebihan Microsoft Office Word 2010 ini yaitu diantaranya setiap fitur baru akan berguna, modus baca yang fantastis dan mudah untuk digunakan. 

Untuk itu sangat cocok digunakan bagi  para penulis atau mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir atau skripsi, karena akan mempermudah dalam menyelesaikan tugasnya, terutama jika membutuhkan catatan kaki (Footnote) dan catatan akhir (Endnote).

Footnote atau catatan kaki berisi tentang referensi atas sebuah kata atau kalimat, penjelasan singkat, dan juga komentar.  Beberapa mahasiswa atau penulis membuat catatan kaki secara manual, dengan kata lain mereka membuat sendiri, sehingga pengaturan keseluruhan dokumen jadi kacau. Selain Footnote ada juga alternatif lain yang memiliki fungsi yang sama, yaitu Endnote.

Bedanya Endnote terletak di bagian akhir karya tulis. Jika di Microsoft Office Word 2010, terletak setelah daftar pustaka. Microsoft Word yang digunakan adalah Microsoft Office Word 2010, karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah untuk digunakan.


Langkah-langkah Untuk Membuat Footnote Pada Microsoft Office Word 2010

Footnote atau catatan kaki biasanya berada di bagian paling bawah, yang berdekatan dengan nomor halaman. Berikut adalah cara untuk membuat catatan kaki :

1. Arahkan kursor di bagian akhir kata atau kalimat yang akan ditambahkan catatannya.

2. Pilih tab Reference

3. Klik Insert Footnote

4. Kursor akan berpindah ke catatan di bagian bawah halaman. Isi keterangan yang diinginkan.

Tips : Klik dua kali di penanda catatan kaki (tanda bintang atau angka) untuk mengarahkan kembali kursor ke tempat ketikan dokumen sebelumnya.





Langkah-langkah Untuk  Membuat Endnote di Microsoft Office Word 2010

Microsoft Office Word 2010 biasanya meletakkan catatan akhir di bagian akhir dokumen. End = akhir. Berikut cara yaang dapat digunakan untuk membuat catatan akhir yaitu :

1. Arahkan kursor di akhir kalimat atau kata yang akan ditambahkan catatannya.

2. Pilih menu Reference

3. Tekan tombol Insert Endnote

4. Kursor akan berpindah ke bidang catatan bagian akhir dokumen. Isi dengan keterangan yang dinginkan.



Cara yang bisa gunakan untuk mengatur Footnote dan Endnote di Microsoft Office Word 2010 

Salah satu yang menjadi keuntungan menggunakan Footnote dan Endnote di Microsoft Office Word 2010 ialah bisa mengatur semuanya sekaligus, dan tidak perlu memilih satu per satu, dengan demikian menata dokumen lebih mudah.

1. Klik Insert>Footnote

2. Muncul pop-up berisi pengaturan, dan atur sesuai keinginan

3. Lokasi – tempat catatan berada

4. Format – tanda catatan dibadan tulisan

5. Perubahan – sejauh mana perubahan yang diinginkan


6. Pilih Insert



Langkah-langkah Untuk Mengubah Footnote dan  Endnote Pada Microsoft Office Word 2010

Footnote dan Endnote jika digunakan keduanya dalam satu tulisan hanya akan membuat bingung pembaca, untuk itu disarankan hanya menggunakan salah satu saja, catatan kaki atau catatan akhir. Jika sudah terlanjur mmembuat salah satunya dan ingin menggantinya, maka dapat diubah dengan cara sebagai berikut :

1. Pilih menu Insert Footnote

2. Muncul berbagai pengaturan, pilih Covert


3. Akan ada menu lain muncul, dengan demikian pilih salah satu diantaranya



Langkah-langkah untuk Menghapus Footnote dan Endnote Pada Microsoft Office Word 2010

Ketika menulis sebuah karya tulis banyak yang menggangap bahwa menghapus Footnote dan Endnote merupakan hal yang sepele, namun jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan mengaakibatkan tulisan kita menjadi  berantakan dan tidak teratur. Untuk itu tigaribu.net memberikan cara yang tepat dan benar untuk menghapus catatan kaki atau catatan akhir .

1. Pilih penanda catatan akhir atau catatan kaki yang terdapat di tulisan.

Di menu references pilih next footnote atau next endnote untuk diarahkan pada kata yang yang bersangkutan.


2. Klik delete


Demikianlah ulasan artikel tigaribu.net tentang cara membuat, mengatur, mengubah, dan menghapus Footnote dan Endnote. Setelah artikel ini dibaca maka akan dengan mudah untuk mengaplikasikannya ketika menulis sesuatu hal yang membutuhkan catatan kaki dan catatan akhir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca dari berbagai kalangan. Terimakasih.


Penulis : Betesda Sidabariba

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel