String Matching : Pengertian, Klasifikasi, Contoh Algoritma String Matching [Lengkap]

    Pengertian String Matching String matching adalah salah suatu algoritma yang bisa dipergunakan untuk meminimalisir penggunaan waktu dalam melakukan aktivitas pencarian kata (String). Ide dasar dari string matching yaitu melakukan pencarian atas seluruh kemunculan query yang disebut sebagai pattern ke dalam text.   Rumus String Matching yaitu : x=x[0………….m-1] y=y[0…………..n-1]  Keterangan : x adalah variabel dari pattern y adalah variabel dari text m adalah variabel dari panjang pattern n adalah variabel dari panjang text   Klasifikasi String Matching Berdasarkan klasifikasinya string matching dibagi atas dua jenis, yaitu exact matching dan heuristic atau statistical matching. Dalam melakukan pencocokan string, algoritma string matching melakukan aktivitas pencocokan string dimulai dari arah kiri ke arah kanan, arah kanan ke arah kiri, dan ada juga yang dari kedua arah (dari arah kiri dan kanan).  Contoh Algoritma String Matching Alpha Skip  Apostolico Crochemore Apostolico Giancarlo Berry Ravindran Boyer Moore Brute Force Colussi Galil Seiferas Galil Giancarlo Horspool Knuth Morris Pratt Levensthein Distance Maximal Shift Morris Pratt Not So Naïve Quick Search Rabin Karp Raita Reverse Colussi Shift Or Simon Algoritm Skip Search Turbo Boyer Moore Tuned Boyer Moore Two Way Zhu-Takaoka   Demikian artikel tigaribu.net membahas teori string matching lengkap beserta pengetian, klasifikasi, dan contoh algoritma string matching. Semoga bermanfaat.  Penulis : Nasib Marbun
String Matching
Pengertian String Matching

String matching adalah salah suatu algoritma yang bisa dipergunakan untuk meminimalisir penggunaan waktu dalam melakukan aktivitas pencarian kata (String). Ide dasar dari string matching yaitu melakukan pencarian atas seluruh kemunculan query yang disebut sebagai pattern ke dalam text. 

Rumus String Matching yaitu :
x=x[0………….m-1]
y=y[0…………..n-1]

Keterangan :
x adalah variabel dari pattern
y adalah variabel dari text
m adalah variabel dari panjang pattern
n adalah variabel dari panjang text 


Klasifikasi String Matching

Berdasarkan klasifikasinya string matching dibagi atas dua jenis, yaitu exact matching dan heuristic atau statistical matching. Dalam melakukan pencocokan string, algoritma string matching melakukan aktivitas pencocokan string dimulai dari arah kiri ke arah kanan, arah kanan ke arah kiri, dan ada juga yang dari kedua arah (dari arah kiri dan kanan).


Contoh Algoritma String Matching

1. Algoritma Alpha Skip 
2. Algoritma Apostolico Crochemore
3. Apostolico Giancarlo
4. Berry Ravindran
5. Boyer Moore
6. Brute Force
7. Colussi
8. Galil Seiferas
9. Galil Giancarlo
10. Horspool
11. Knuth Morris Pratt
12. Levensthein Distance
13. Maximal Shift
14. Morris Pratt
15. Not So Naïve
16. Quick Search
17. Rabin Karp
18. Raita
19. Reverse Colussi
20. Shift Or
21. Simon Algoritm
22. Skip Search
23. Turbo Boyer Moore
24. Tuned Boyer Moore
25. Two Way
26. Zhu-Takaoka
Demikian artikel tigaribu.net membahas teori string matching lengkap beserta pengetian, klasifikasi, dan contoh algoritma string matching. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "String Matching : Pengertian, Klasifikasi, Contoh Algoritma String Matching [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel