5 Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar Di Kolam Pemancingan

Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar - Ikan nila merupakan ikan yang paling banyak digemari untuk dikonsumsi oleh banyak orang baik dari anak – anak hingga orang dewasa karena vitamin yang terkandung di dalam tubuh ikan nila sangat banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk menjaga kondisi dari berat badan karena ikan nila membuat proses pencernaan menjadi baik.
Di antara jenis kolam pancing ikan sendiri kolam pancing ikan nila termasuk banyak penggemarnya selain karena dari segi umpan yang tidak terlalu neko – neko untuk ikan nila meskipun terkadang ada banyak juga ikan nila susah makan atau mogok makan. Ikan nila sendiri bersifat pemakan segalanya tetapi tetap harus diketahui juga cara mancing ikan nila agar dapat banyak dengan proses yang cepat (apalagi kalau ingin dapat ikan nila yang besar). 

Baiklah, saya akan uraikan cara ampuh memancing ikan nila besar dengan cepat yang nantinnya dapat kamu praktekkan sendiri saat memancing ikan nila di kolam pemancingan, baik itu mancing ikan nila merah maupun ikan nila hitam atapun ikan nila merah.

5 Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar Di Kolam Pemancingan, Perhatikan Senar dan Mata Kail Yang Digunakan,Perhatikan Setelan Pemasangan Pelampung dan Timah Yang Digunakan,Perhatikan Umpan Mancing Ikan Nila Yang Digunakan,Perhatikan Lokasi Meletakkan Kail Pancingan Di Daerah Kolam,tips mancing ikan nila di kolam

Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar Di Kolam Pemancingan

Berikut cara ampuh memancing ikan nila yang besar di kolam pemancingan wajib kamu ketahui :

1. Perhatikan Senar dan Mata Kail Yang Digunakan

Untuk mancing ikan nila disarankan agar menggunakan senar atau tali pancing dengan ukuran 4 s/d 8 Lbs yang disesuaikan dengan reel pada joran pancing. Sementara untuk mata kail ada tips jitu juga dalam pemilihan mata kail pancingan, yaitu memilih untuk gunakan mata kail pancingan dengan ukuran sekitar 7 s/d 11 Lbs.

2. Perhatikan Setelan Pemasangan Pelampung dan Timah Yang Digunakan

Ikan nila pada umumnya akan menerkam umpan pada mata kail secara perlahan hingga semakin dalam dibawa oleh ikan nila tersebut, sehingga diperlukan perhatian khusus terhadap pelampung saat mancing ikan nila. Untuk setelah pemasangan pelampung sendiri disarankan agar setengah ujung pelampung tidak ikut tenggelam dibuat oleh timah. Sementara untuk setelan timah jangan sampai terlalu ringan atau berat (sesuaikan dengan kekuatan timah menenggelamkan pelampung).

3. Perhatikan Umpan Mancing Ikan Nila Yang Digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memancing ikan nila yaitu umpan yang digunakan. Ada beberapa umpan mancing ikan nila di kolam yang ampuh untuk mendapat ikan nila yang besar. Diantara umpan mancing ikan nila di kola diyakini ampuh yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  • Racikan umpan ikan nila di kolam dengan campuran sebutir kuning telur ayam dengan roti yang rasa keju, dua sendok madu asli, setengah gelas kecil pelet 781-2 SP, setengah gelas kecil pelet PF-1000, dan air tawar.
  • Racikan umpan ikan nila di kolam dengan campuran sebungkus mie instan dengan sebutir kuning telur ayam dan air yang masih panas (secukupnya)
  • Umpan ikan nila dengan bahan pokok kroto atau telur semut yang biasa dijual di warung penjual makanan burung
  • Umpan mancing ikan nila dengan cacing yang biasanya dapat diambil di sawah (cacing sawah) ataupun cacing yang dapat diambil dari galian tanah (cacing tanah). Untuk dua jenis cacing ini, cacing sawah lebih disukai oleh ikan nila. Jika tidak sempat mencari umpan cacing sendiri sebenarnya saat ini sudah banyak juga dijual di toko pancing atau toko khusus penjual pakan ikan untuk mancing.
  • Umpan mancing ikan nila dengan lumut yang campurkan dengan sedikit garam dan sari pandan. Umpan lumut ini cukup digulungkan di mata kail akan dimakan langsung oleh ikan nila yang ada di dalam kolam tersebut.

4. Perhatikan Lokasi Meletakkan Kail Pancingan Di Daerah Kolam

Untk mancing ikan nila, strategi peletakan kain pancing juga sangat berpengaruh. Biasanya ikan nila yang besar akan melintas di pinggiran kolam terutama yang dasar kolamnya sedikit lebih dalam dari yang lainnya (yang biasa disebut dengan kata lubang). Jadi pada kolam pancing tidak selalu rata kedalamannya dan di bagian yang lebih dalam ini ikan nila yang besar lebih suka. Letakkan kail pancingan kamu disana dan tunggu higga ikan menerkamnya. Untuk bagian pinggiran kolam ini ikan nila besar lebi suka umpan nila dengan cacing.

5. Perhatikan Warna Air Kolam

Ikan nila memiliki kemampuan yang baik dalam hal penglihatan, ikan nila dapat melihat hingga ke permukaan air apabila air kolam jernih. Oleh karena itu bagi kamu yang mancing ikan nila di kolam, buatlah terlebih dahulu warna airnya menjadi keruh terutama tempat peletakan kail pancingan kamu. Untuk membuat air kola menjadi keruh dapat dilakukan tanpa membuat ikan menjadi lari (tetapi menjadi mendekat), yaitu dengan menabur umpan pelet 88 tepat ke arah peletakan kail pancingan.

Kesimpulan :

Ikan nila bersifat pemakan segalanya, suka di tepian kolam yang ada lubangnya, suka air yang keruh, dan suka umpan dengan racikan yang jitu atau cacing sebagai umpan tanpa perlu adanya racikan. Demikianlah artikel tentang 5 Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar Di Kolam Pemancingan pada kali ini. Semoga kamu yang hoby mancing ikan nila dapat terbantu dengan tips mancing ikan nila di kolam yang telah saya uraikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Ampuh Memancing Ikan Nila Yang Besar Di Kolam Pemancingan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel