8 Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer Wajib Anda Coba

Simulasi jaingan komputer adalah sebuah proses berupa virtual reality simulation yang dipergunakan untuk menirukan aktivitas dari proses kerja sistem jaringan layaknya yang terlihat di dunia nyata. Berbagai percobaan bisa dilakukan dengan memperbaharui model  sistem jaringan pada proses simulasi yang dibuat. 

Penggunaan aplikasi simulasi jaringan komputer dapat membantu proses pengujian jaringan komputer yang diperkiraan beresiko tinggi apabila dilakukan langsung secara secara nyata. Tidak dipungkiri juga bahwa simulasi jaringan komputer dapat mempermudah banyak orang untuk belajar membagun sebuah sistem jaringan komputer terlebih lagi kepada pemula.

Terdapat beberapa simulator jaringan komputer yang dapat digunakan untuk membuat sebuah simulasi jaringan komuter layaknya sistem jaringan secara nyata yang penting untuk diketahui, Berikut uraian simulator jaringan komputer untuk melakukan simulasi jaringan komputer yang bisa menjadi pilihan anda :

1. VMWAre

VMWare

VMWare adalah aplikasi simulasi jaringan komputer yang dibuat oleh perusahaan VMware, Inc.. Tujuan awal pembuatan aplikasi VMWare adalah untuk mengoperasikan banyak sistem operasi di dalam sebuah perangkat komputer yang sama, akan tetapi seiring dengan perkembangannya aplikasi simulasi milik VMware, Inc ini menambah fungsi baru yaitu untuk melakukan simulasi jaringan komputer meskipun belum dilengkapi dengan switch atau hub.

2. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah simulator yang didalamnya terdapat alat-alat jaringan yang dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran, pelatihan, dan juga banyak digunakan dalam studi penelitian yang berkaitan dengan simulasi jaringan komputer. Aplikasi Cisco Fungsi utama Cisco Packet Tracer adalah untuk memberikan literasi bagi peserta didik dengan staf pengajar agar dapat dengan mudah memahami prinsip dan cara kerja dari jaringan komputer. Simulator Packet Tracer ini pertama kali dibuat oleh perusahaan asal amerika (Cisco System) dan disediakan untuk digunakan secara gratis.

Aplikasi simulasi jaringan komputer ini termasuk materi yang dapat digunakan untuk memperoleh sertifikat berupa licensee CCNA ataupun CCNP. Fitur – fitur unggulan yang dapat ditemukan pada aplikasi simulasi jaringan komputer ini yaitu fitur melakukan simulasi jaringan komputer pada layar aplikasi, fitur Routing dasar RIP, fitur Routing OSPF, fitur Routing EIGRP, fitur BGP untuk versi 6.2.

3. Virtual Box

Virtual Box

Virtualbox adalah aplikasi gratis milik perusahaan Oracle yang fungsinya adalah memvisualisasikan beberapa sistem operasi pada sistem operasi yang sedang anda pergunakan. Sehingga anda tidak perlu lagi harus mempunyai banyak komputer untuk menguji beberapa sistem operasi dalam sebuah jaringan komputer yang saling terkoneksi. Alat simulasi jaringan komputer ini dapat anda pergunakan di semua jenis sistem operasi.

4. Graphic Network Simulator (GNS3)

Graphic Network Simulator (GNS3)

Graphic Network Simulator (GNS3) adalah aplikasi simulasi jaringan komputer yang memiliki tampilan interface mirip dengan aplikasi Cisco Packet Tracer. Tetapi pada Graphic Network Simulator (GNS3) memungkinkan proses simulasi jaringan yang lebih kompleks, karena pada aplikasi ini dilengkapi dengan sistem operasi asli dari perangkat jaringan komputer seperti cisco maupun juniper. Sehingga dengan menggunakan Graphic Network Simulator (GNS3) anda dapat seperti berada dalam kondisi yang lebih nyata dalam membangun sebuah jaringan komputer.

5. iNetwork

iNetwork adalah sebuah aplikasi yang dibangun dengan tujuan utamanya adalah mempermudah dalam membangun jaringan komputer yang mulai dari level paling bawah hinga level profesioanl. Fitur unggulan dari iNetwork yaitu mampu memvisualisaikan cara kerja dari DHCP server, Webserver, DNS server, Gateway, Mail server, Routing, dan  juga firewall. Jadi bagi anda yang sedang proses belajar jaringan komputer atau yang sudah tahap memperdalam ilmu pada bidang jaringan komputer, simulasi jaringan komputer iNetwork bisa menjadi aplikasi pilihan juga buat anda untuk membangun jaringan komputer dalam bentuk simulasi

6. Netnotep

Aplikasi Netnotep ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi INetwork akan tetapi aplikasi Netnotep lebih simple namun lumayan juga untuk anda coba gunakan karena aplikasi ini dapat anda pergunakan dalam pembuatan planning jaringan komputer di sebuah perusahaan. Selain itu Netnotep ini bersifat gratis dan sangat mudah digunakan untuk proses belajar membuat simulasi jaringan komputer serta hasilnya pun sangat maksimal.

7. Winbox

Winbox adalah sebuah aplikasi yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk meremote server mikrotik ke dalam mode Graphical User Interface (GUI) melalui sistem operasi. Sedikit penjelasan tentang mikrotik, mikrotik adalah sebuah sistem operasi berupa perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk membuat komputer menjadi sebuah router network yang handal. Mikrotik juga dapat berfungsi sebagai alat untuk pengaturan koneksi sebuah internet yang dilakukan dalam kategori terpusat dan mempermudah proses pengelolahannya. Beberapa fitur unggulan mikrotik yaitu Ipsec, firewall dan NAT, Hotspot, Web Proxy, DNS Client, DHCP, Universal Client, NTP, Routing, dan masih banyak lagi yang lainnya

8. Cisco  Aspire  CCNA  Edition

Cisco Aspire CCNA Editio adalah sebuah game simulator yang ditujukan untuk siswa, mahasiswa, maupun teknisi yang sedang belajar membangun jaringan komputer mulai dari skala yang kecil hingga ke skala yang besar. Aplikasi simulasi jaringan komputer yang satu ini menggunakan mode game dalam pembelajarannya membangun simuasi jaringan komputer sehingga sangat menarik untuk digunakan.


Demikian artikel 8 Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer Wajib Anda Coba kali ini, semoga dapat menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung situs tigaribu.net ini…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "8 Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer Wajib Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel