Aplikasi Edmodo : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Fitur- Fitur, Kelebihan dan Kekurangan [Lengkap]

Aplikasi Edmodo - Mungkin masih banyak yang bertanya - tanya mengenai pengertian apa itu aplikasi Edmodo ?... Aplikasi Edmodo adalah salah satu layanan pembelajaran yang dapat dipergunakan untuk mempermudah komunikasi belajar antara staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) yang saat ini banyak dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran daring atau pembelajaran yang dilakukan dari rumah. Pembelajaran daring memang sedang banyak diminati saat ini baik itu proses perkuliahan, sekolah, maupun kursus online, sehingga aplikasi Edmodo menawarkan berbagai kemungkinan yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas pembelajaran daring atau pembelajaran yang dilakukan dari rumah. 

Sejarah Aplikasi Edmodo, Manfaat Aplikasi Edmodo, Fitur-Fitur Aplikasi Edmodo, Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Edmodo, Apa itu Aplikasi Edmodo

Sejarah Aplikasi Edmodo

Cikal bakal sejarah aplikasi Edmodo dibangun oleh  oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara yang bekerja pada sekolah di kota Chicago namun mereka ini bekerja di sekolah yang berbeda. Mereka membuat aplikasi Edmodo agar staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) dapat terjalin dengan baik meski melakukan proses pembelajaran dari tempat yang berbeda (bahkan sangat jauh). Tidak dipungkiri saat ini aplikasi Edmodo merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online sangat populer dan banyak diminati.

Manfaat Aplikasi Edmodo

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tujuan pembuatan aplikasi Edmodo adalah untuk mempermudah komunikasi dalam melakukan proses pembelajaran antara staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa). Dengan menggunakan aplikasi Edmodo dalam proses pembelajaran maka akan memungkin untuk diperoleh manfaat – manfaat aplikasi Edmodo berikut ini :
  • Menawarkan teknik pembelajaran yang modern dan nyaman untuk dilaksankan
  • Membuat hubungan antara staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) menjadi lebih akrab
  • Membuat komunikasi antara staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) menjadi lebih mudah
  • Dengan menggunakan aplikasi Edmodo memungkinkan staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) dapat melakukan embelajaran kapan saja dan dimana saja
  • Sebagai alternatif untuk membagikan ilmu pengetahuan kepada orang banyak
  • Sebagai alternatif media yang dapat digunakan untuk memberikan tugas, kuis, maupun  soal ujian kepada peserta didik (siswa)
  • Mempermudah staf pengajar (guru) untuk memberikan presentasi untuk bahan pembelajaran kepada seluruh peserta didik (siswa) di kelasnya dan dapat dengan mudah didownload maupun dikomentasi oleh peserta didik (siswa)
  • Mempermudah peserta didik (siswa) untuk melihat secara berulang kali setiap materi pembelajaran yang diberikan oleh staf pengajar (guru), bahkan untuk mengirim jawaban untuk tugas atau PR juga diberikan oleh peserta didik (siswa) melalui aplikasi Edmodo.
  • Mempermudah staf pengajar (guru) mengirim nilai atas jawaban setiap tugas peserta didik (siswa) yang telah dikerjakan.
  • Memungkinkan staf pengajar (guru) dapat memberikan setiap materi kepada peserta didik (siswa) yang tidak dapat hadir dalam proses pembelaran dengan teknik tatap muka di sekola .

Sejarah Aplikasi Edmodo, Manfaat Aplikasi Edmodo, Fitur-Fitur Aplikasi Edmodo, Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Edmodo, Apa itu Aplikasi Edmodo

Fitur-Fitur Aplikasi Edmodo

Pada aplikasi Edmono terdapat beragam fitur yang ditawarkan untuk mempermudah para staf pengajar (guru) melakukan proses belajar daring dengan peserta didik (siswa). Adapun fitur – fitur yang ditawarkan aplikasi Edmodo antara lain adalah sebagai berikut :

1. Polling

Polling adalah sebuah fitur pada aplikasi Edmodo yang hanya bisa dipergunakan para staf pengajar (guru). Fitur polling umumnya dipergunakan para staf pengajar (guru) untuk mengetahui respon peserta didik (siswa) mengenai hal-hal tertentu. Fitur Edmodo ini menjadi salah satu cara yang sangat tepat untuk mencapai feedback secara instan mengenai setiap event yang baru dilakukan, misalnya pemberian tugas, PR, dan sebagainya. Fitur polling juga dapat dipergunakan sebagai alternatif untuk membuat para peserta didik (siswa) dapat mengerti makna dari ilmu yang baru saja diajarkan oleh staf pengajar (guru). 

Cara menggunakan fitur polling pada aplikasi Edmodo dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini :
  • Tepat di halaman group, klik Poll pada toolbar di bagian atas.
  • Kemudian ketikkan setiap pertanyaan yang hendak dijadikan sebagai polling tepat di posisi kotak Question.
  • Ketikkan alternatif jawaban yang akan anda berikan agar dapat dipilih oleh peserta didik (siswa) tepat pada kota Answer.
  • Ketikkan nama peserta didik (siswa), staf pengajar (guru), atau grup yang Anda inginkan untuk menjawab pertanyaan pada polling tersebut.
  • Anda dapat melakukan klik Send Now apabilan anda ingin mengirim di saat itu juga, dan anda juga dapat melakukan klik Send Later apabila pengiriman pollingnya dilakukan di waktu atau di hari yang berbeda sesuai penjadwlan anda.

2. Gradebook

Fitur gradebook adalah fitur yang disediakan aplikasi Edmodo untuk staf pengajar (guru) membuat dan memberikan nilai tugas, PR, dan lain sebaganya kepada setiap peserta didik (siswa) baik secara manual atau secara otomatis. Fitur gradebook memungkinkan para staf pengajar (guru) dapat memanajemen setiap penilaian hasil pembelajaran dari semua peserta didik (siswa). Lebih uniknya lagi, hasil penilaian yang telah dibuat dapat diexport ke dalam bentuk file .csv. Pada fitur Gradebook ini, para staf pengajar (guru) memiliki hak akses seutuhnya, sementara peserta didik (siswa) hanya bisa mengecek rekap  nilai berbentuk grafik maupun penilaian langsung.

3. File and Links

Fitur File and Links dapat berfungsi untuk melakukan pengiriman catatan berupa file dan links. Umumnya file tersebut dalam bentuk format .doc, .ppt, .pdf dan lainnya. Ketika staf pengajar (guru) dalam penyampaian materi membutuhkan atau menginginkan adanya gambar atau video sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dijelaskan, maka fitur File dan Links yang disediakan aplikasi Edmodo ini  dapat digunakan. Dengan menggunakan fitur File dan Link memungkinkan staf pengajar (guru) dan peserta didik (siswa) dapat dengan mudah melakukan pengiriman dan penerimaan file dengan ukuran yang besar dengan mudah.

4. Quiz

Fitur Quiz ini sepenuhnya hak ases seorang staf pengajar (guru) untuk menggunakannya dalam pembuatan Quiz, sementara peserta didik (siswa) tidak memiliki hak akses untuk membuat quiz, tetapi hanya hanya dapat menjawab setiap soal quiz yang telah dibuat oleh staf pengajar (guru). Fitur Quiz ini dapat dipergunakan oleh staf pengajar (guru) untuk memberikan evaluasi secara online kepada setiap peserta didik (siswa) dalam bentuk soal pilihan ganda ataupun essay. Uniknya memberikan soal Quiz menggunakan aplikasi Edmodo dapat berupa video.

5. Library

Fitur Library merupakan sebuah perpustakaan dalam aplikasi Edmode yang memungkinkan staf pengajar (guru) dapat mengupload bahan ajar berupa materi dalam bentuk presentasi, video, ataupun sumber referensi yang digunakan. Pada fitur library setiap peserta didik (siswa) juga dapat mengupload file tugas, sehingga dengan adanya fitur ini membuat kedua belah pihak tidak harus membutuhkan ruang penyimpanan file yang sangat besar di handphone maupun komputernya.

6. Assignment

Fitur Assignment dapat dipergunakan oleh staf pengajar (guru) untuk memberikan tugas – tugas kepada setiap peserta didik (siswa) secara online. Kelebihan dari fitur Assignment ini yaitu dilengkapi dengan adanya waktu deadline dan fitur attach file yang dapat memungkinkan peserta didik (siswa) diwajibkan untuk melakukan pengiriman jawaban dari soal tugas dalam file pdf, doc, xls, atau ppt. Kemudian ada tombol Turn in di kiriman assignment yang dapat berfungsi untuk menandai setiap peserta didik (siswa) telah mengerjakan tugasnya.

7. Award Badge

Fitur Award Badge ini memungkinkan staf pengajar (guru) dapat memberikan motivasi kepada setiap peserta didik (siswa) yang telah menjawab tugas atau Quiz yang diberikan dalam bentuk berupa Award. Tetapi pemberian Award ini hanya dapat dilakukan oleh staf pengajar (guru) kepada peserta didik (siswa), artikel sesama staf pengajar (guru) tidak dapat melakukan hal tersebut meskipun ada salah satu staf pengajar (guru) merasa kagum atas kerja staf pengajar (guru) yang lainnya.

8. Parent Code

Fitur Parent Code pada aplikasi Edmodo memungkinkan orang tua dari peserta didik (siswa) dapat memantau aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh staf pengajar (guru) dengan muridnya, dalam hal ini orang tua dapat melihat sisi perkembangan anaknya dalam mengikuti proses pembelajaran yang diadakan lewat aplikasi Edmodo.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Edmodo

Setiap aplikasi tentunya tidak sempurna seratus persen dan tidak pula 100 persen buruk, begitu juga dengan aplikasi Edmodo karna aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dipungkiri. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Edmodo :

1. Kelebihan aplikasi Edmodo

  • Aplikasi Edmodo dapat diakses oleh staf pengajar (guru) dan peserta didik (siswa) dimana dan kapanpun asalkan terkoneksi dengan internet
  • Aplikasi Edmodo dapat mengembangkan situasi diskusi antara staf pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) menjadi lebih baik dan nyaman dalam prores pembelajaran
  • Materi yang diberikan oleh staf pengajar (guru) kepada peserta didik (siswa) dalam bentuk file doc dan lainnya tidak terbatas untuk hal jumlah karakater yang digunakan
  • Aplikasi Edmodo dirancangan dengan tampilan sedemikian rupa sangat baik sehingga menggunakan aplikasi ini membuat nyaman untuk melangsungkan proses pembelajaran serta mudah untuk dipahami setiap fitur - fitur yang telah disediakan
  • Dengan memanfaatkan aplikasi Edmodo maka tidak harus menyediakan server lagi di sekolah untuk menampung file pembelajaran yang dilakukan

2. Kekurangan Aplikasi Edmodo

  • Terjadinya ganguan signal pada koneksi internet yang digunakan mempengaruhi proses yang berlangsung untuk pembelajaran menjadi lebih lambat.
  • Sayangnya apliakasi Edmodo belum bisa terintegrasi dengan media sosial seperti facebook, google+, dan lainnya, sementara situs media sosial tersebut termasuk media sosial yang sangat populer saat ini di kalangan masyarakat luas
  • Bahasa yang tersedia masih hanya bahasa inggris, sehingga menyebabkan staf pengajar (guru) dan peserta didik (siswa) yang tidak menguasai bahasa tersebut menjadi kesulitan untuk menggunakannya.

Demikian artikel tentang uraian Aplikasi Edmodo : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Fitur- Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan Aplikasi Edmodo dalam melakukan aktivitas pembelajaran daring.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Edmodo : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Fitur- Fitur, Kelebihan dan Kekurangan [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel